TIPS

Web Design dengan Blog di www.wordpress.com

Sekilas Blog

Ahli psikologi James W. Pennebeker pernah melakukan riset tentang curhat-curhatan terhadap ribuan orang dari berbagai usia dan latar belakang. Hasil riset di simpulkan bahwa dalam kondisi stres, beban pikiran seseorang bisa berkurang hingga separuhnya kalau orang itu mencurahkan isi hatinya. Pennebeker menyimpulkan bahwa bercerita melalui tulisan yang ditulis sejujur-jujurnya merupakan terapi yang mujarab.

Pennebeker menganjurkan seseorang yang kerap tegang, menuliskan perasaan, pikiran, uneg-unegnya, ke dalam catatan semacam diari.

Di internet, ada satu situs web yang menyerupai diari karena ditulis kronologis. Situs web seperti itu disebut dengan webblog-disingkat menjadi blog.

Definisi blog menurut Webopedia (www.webopedia.com) adalah suatu halaman web berisi jurnal yang merefleksikan personaliti pembuatnya dan bisa diakses oleh orang banyak. Menurut Webopedia, blog biasa di-uptade setiap hari.

Di Wikipedia, blog dijelaskan sebagai tipe situs web yang isinya seperti jurnal, diurutkan terbalik secara kronologis. Isinya adalah komentar atau berita tentang subjek tertentu, mulai dari hal-hal “berat” seperti politik sampai yang “ringan” seperti makanan.

Blog, seperti dijelaskan di Wikipedia, bisa berisi teks, gambar, link ke blog lain, atau media lain yang memiliki hubungan dengan yang sedang dibicarakan. Suatu blog bahkan bisa berisi kombinasi teks, gambar, dan media lain.

PErkembangan Blog

Bentuk blog mulai muncul sekitar tahun 1993. Situs web The National Center for Supercomputing Application (NCSA)-Pusat Supercomputing Amerika Serikat-yang beralamat http://archive.ncsa.uiuc.edu/SDG/Software/Mosaic/Docs/old-whats-new-0693.html, memiliki situs berbentuk blog. Halaman situs web itu menampilkan hal-hal baru di situs web NCSA.

Salah satu blogger (sebutan untuk orang yang membuat blog) bangkotan yang terkenal adalah Justin Hall. Bahkan oleh Majalah New York Times, pria kelahiran Chicago, 16 Desember 1974, ini disebut sebagai penemu blog personal (the founding father of personal blog). Hall membuat situs web Links from the Underground yang beralamat www.links.net pada tahun 1994.

Tahun 1993 dan 1994, istilah weblog dan blog belum dikenal. Istilah weblog dibuat oleh John Barger (www.robotwisdom.com) ditahun 1997.

Istilah blog kemudian dibuat oleh Peter Merholz (www.peterme.com). Dengan maksud bercanda, pada pertengahan 1999, Merholz memecah weblog menjadi we blog. Kata itu kemudian diadopsi sebagai kata benda dan kata kerja. Sebagai kata benda, blog berarti, situs website yang berlandaskan blog. Sedangkan sebagai kata kerja, blog berarti membuat weblog.

Awal 1999, penggunaan blog di Internet sudah mulai menjamur. Sebagai contoh, seperti tertulis di Wikipedia, situs web Xanga (www.xanga.com) yang diluncurkan tahun 1996 cuma melayani 100 diari pada tahun 1997. Akan tetapi, pada Desember 2005, Xanga melayani lebih dari 50 juta diari.

Merebaknya penggunaan blog itu kemudian memicu munculnya perangkat-perangkat untuk ngeblog. Tahun 1999, programmer asal Amerika Serikat Brad Firzpatrick, membuat LiveJournal (www.livejournal.com). Kira-kira pada waktu yang nyaris bersamaan, Evan Williams dan Meg Hourihan-keduanya dari Pyra Labs-membuat Blogger (www.blogger.com). Tahun 2003, Blogger dibeli oleh Google.

Hingga sekarang, jumlah blog terus bertambah. Berbagai topik diangkat, tergantung minat si blogger(PC+).


Membuat Website Blog dengan http://www.wordpress.com

Ada banyak alternatif layanan pembuatan website, salah satu yang terpopuler adalah wordpress (http://www.wordpress.com) dan blogger (http://www.blogger.com). Mengapa memilih http://www.wordpress.com? WordPress menyediakan beberapa menu yang menarik dan cukup mudah untuk mengoperasikannya serta dilengkapi fasilitas free (gratis dalam membuat situs blog). Dengan bandwith + 50 Mb, menjadikan wordpress banyak diminati. Di samping penyediaan kapasitas yang besar, tersedia juga feature tambahan dan template, tanpa iklan, dan yang menarik adalah user dapat update dalam bentuk teks maupun gambar sekaligus, yaitu dengan copy – paste, dan hasilnya dapat dilihat langsung di internet. Tidak mengherankan kalau wordpress dimanfaatkan sebagai “catatan harian” (diary) oleh user, sehingga sesama pembuat blog dapat tukar informasi atau sebagai ajang unjuk berkomunikasi. Tidak hanya itu saja, fasilitas ini juga dapat digunakan sebagai media untuk belajar, memasukkan ideologi, karya monumental, dan sejenisnya baik bermakna positif maupun negatif, tergantung user blog.

Anda penasaran?. Mari kita mencoba membuat website dengan www.wordpress.com, ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

1. Pastikan anda telah membuka situs wordpress di http://www. wordpress.com, ingat jangan sampai salah mengetikkan pada alamatnya.

2. Inilah tampilan http://www.wordpress.com, selanjutnya buat account baru, dengan cara klik “Sign Up Now!”,

Berbeda dengan edisi sebelumnya, yaitu ketika user membuka www.wordpress.com langsung dihadapkan pada pilihan “Start your free WordPress blog”, yang mana www.wordpress.com memberikan layanan gratisan dalam membuat website blog.

3. Langkah selanjutnya adalah isi form registrasi yang telah disediakan www. wordpress.com

Masukkan username serta e-mail Anda. Anda tidak boleh mengarang, e-mail yang dibutuhkan adalah yang masih aktif, contoh: janky_04@yahoo.com.

Di bawah e-mail address, akan muncul agreement, yaitu dengan memberi tanda [√] pada kotak yang tersedia di depan “I have read and agree to the fascinating term of service”. Setelah memberi tanda setuju, anda dapat melanjutkan perintah pengisian form selanjutnya dengan mengklik next.

Namun demikian, adakalanya ketika Registrasi terdapat peringatan bahwa username maupun e-mail address yang dimasukkan salah atau kebetulan telah digunakan user lain. Registrasi yang salah/telah dipakai user lain pasti dihighlight yang mempermudah user untuk membetulkan. Ketentuan pengisian username minimal 4 karakter (bisa huruf maupun angka).

Dan ketika Registrasi diterima, maka yang muncul adalah anda diminta untuk memberikan nama pada title blog anda. Title dapat dilihat manakala blog anda sudah on-line, yaitu sebagai header blog. Dalam contoh ini adalah Nailim sebagai title blognya.

Dengan meng-klik Signup, anda telah berhasil melakukan Registrasi, dan akan nampak pada halaman selanjutnya, perintah untuk memeriksa keaktifan e-mail anda, sebagaimana gambar berikut.

Sementara menunggu (+ 30 menit) perintah selanjutnya, e-mail anda harus masih diaktifkan, karena melalui e-mail anda tersebut, pihak www. wordpress.com akan memberikan tanda kesepakatan (agreement acceptance) sekaligus password pribadi anda. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Registrasi, dengan cara klik http://www.wordpress.com/activate/…….

Langkah berikutnya adalah melihat dan mencatat username anda sendiri serta password yang telah diberikan pihak www.wordpress.com.

Namun pada edisi revisi kali ini, ketika user sudah sign up, maka pihak www.wordpress.com akan memberikan pernyataan bahwa “your account is now active!”. Di sinilah user diminta untuk memeriksa email-nya, karena username, password, dan beberapa link penting akan diberitahukan melalui email tersebut.

4. Walaupun resigistrasi sudah berhasil, namun perlu dicek hasil Registrasi tersebut, yaitu pada www.izza2004.wordpress.com secara langsung yang diberikan oleh www. wordpress.com tentang bisa/tidaknya aktivasi blog yang sudah dibuat, yaitu dengan cara login.

5. Ketika anda meng-klik www.izza2004.wordpress.com., maka akan muncul halaman, yang untuk membukanya diharuskan login sesuai dengan username, misalnya username: izza2004; password: ie90s6. Kalau anda susah mengingat password yang diberikan oleh www.wordpress.com, alangkah baiknya anda mengganti sendiri dengan klik “up date your profile or change your password”.

6. Ketika login berhasil, maka akan muncul halaman baru yang menyuguhkan menu di taskbar, yaitu my account, my dashboard dan new post.

7. Dengan kehadiran 3 menu tersebut, anda bebas memilih. Untuk menyajikan suguhan supaya dapat dinikmati teman atau orang lain di dunia, maka anda cukup klik my dashboard, di sana akan muncul beberapa menu, yaitu dashboard, write, manage, comments, blogroll, presentation, users, option, dan upgrades.

8. Beberapa menu tersebut akan menjawab pertanyaan besar anda, mengapa web saya masih mulus? Supaya teman anda tidak kecewa dengan kekosongan web anda karena kering informasi maupun animasi gambar, klik write untuk membuat menu yang dapat dinikmati oleh teman, misalnya anda ingin mempublikasikan siapa diri anda, ketik my profile di bawah tulisan categories, lalu klik add>>, seketika itu di bawahnya akan muncul my profile. Untuk mengaktifkannya, anda cukup mencawang my profile dan pada sisi kiri, anda dapat memberi judul pada menu title, dan dapat memberikan isi pada menu post. Untuk mengetahui hasil dari profile anda, cukup dengan klik save dan publish, maka anda dapat melihat hasilnya dengan klik view site di menu taskbar.

Web yang isinya teks saja, akan terkesan kering dan statis, maka anda dapat menambah gambar, video, dan sebagainya. Cara anda persiapkan dulu file yang akan dipadukan dengan teks tersebut, setelah filenya siap, anda cukup klik browse pada menu write. Browse akan mencari di mana letak file yang anda simpan dan siap dieksekusi, supaya anda tidak lupa dengan file yang anda gunakan, maka anda dapat memberikan nama pada title tersebut. Setelah file selesai dieksekusi, klik upload.

Dengan demikian halaman web di atas tidak hanya teks yang terlihat, namun ada gambar yang dapat dinikmati. Untuk melihat hasil dari upload gambar tersebut, dapat meng-klik menu view site.

Dengan demikian, ketika teman anda atau orang lain mau mengakses web anda, di halaman pertama sudah disuguhkan informasi serta visualiasasi gambar.

Nah…..sekarang Web anda sudah dapat dinikmati teman anda maupun orang lain. Namun demikian perlu diingat bahwa jangan pernah lupa sign out, manakala anda telah selesai mengupload atau memanage website anda, dengan sign out halaman web anda akan aman dari orang yang tidak bertanggung jawab, yaitu dengan telah tertutupnya halaman web anda.

Untuk menambah kekayaan dan kemahiran dalam mengolah website, anda sesering mungkin otak-atik sendiri. Pantang menyerah….., dunia sekarang dalam genggamanmu.

Selamat mencoba


Ber e-mail di Yahoo!

Bagaimana membuat e-mail di Yahoo?

1. Pastikan anda telah membuka situsnya yahoo

2. Pada address bar ketik http://www.yahoo.com

3. Pilih Sign Up. Jangan salah klik, Sign-up berarti “anda baru mendaftar”, sedangkan sign-in berarti anda akan memasuki account anda sendiri (anda sudah terdaftar di yahoo).

4. Sebelum masuk sign up, anda dapat memilih Yahoo! Indonesia agar tampilan dan proses pendaftaran selanjutnya menggunakan bahasa Indonesia.

5. Sebelum mengisi formulir, Anda dapat memilih lokasi pendaftaran.

1) Lakukan pengisian formulir pendaftaran (registration form) sesuai data diri Anda.

2) Nama Depan

3) Nama Belakang

4) Jenis Kelamin

5) ID Yahoo @yahoo.co.id

6) Sandi

7) Masukkan lagi sandi

6. Gulung halaman dan lanjutkan pengisian pada daftar pertanyaan “Jika Anda Lupa Sandi…”. Isi dengan jawaban yang benar-benar anda ingat karena jawaban Anda menjadi kunci bila lupa pada sandi atau password. Pilih pertanyaan lalu tulis jawabannya (minimal empat karakter) isi tanggal lahir, kode pos, negara, dan bila ada Email Alternatif. Kolom selanjutnya adalah beberapa penawaran (tidak usah diisi karena hanya berisi iklan).

7. Kolom selanjutnya adalah Verifikasi Pendaftaran Anda. Masukkan kode yang ditunjukkan oleh yahoo (ditulis tidak beraturan), contoh adalah GMCU. Dan kolom terakhir adalah Ketentuan Layanan, (baca seperlunya) lalu klik tombol Saya Setuju.

Dengan mengklik saya setuju, berarti anda telah mendaftarkan e-mail anda ke yahoo. Sebagian besar kasus pendaftaran gagal, dikarenakan tidak tuntas dalam mengisi formulir pendaftaran atau pada ID Yahoo, karena berbenturan dengan e-mail yang sudah dimiliki oleh orang lain.

8. Bila pendaftaran sukses akan tampil seperti halaman di bawah ini. Klik tombol Lanjutkan ke Surat Yahoo!

9. Dengan demikian, anda telah memiliki e-mail, untuk mencobanya silakan masuk melalui sign in, dan masukkan nama anda pada username dan password sebagaimana pada saat anda registrasi. Setelah anda dapat masuk, terserah anda mau diapakan e-mail anda, dapat berkirim surat, gambar, dll.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: